Tak Kenal Maka Tak Sayang #1 - Soju


Berbagai Merk Soju Di Korea
Sumber: 소주의 참혹한 진실



Di posting yang lalu, aku sudah menulis sedikit mengenai budaya minum alkohol di Korea. Kini saatnya aku bahas mengenai salah satu simbol Korea yang amat terkenal di dunia. Soju sangat populer di seluruh dunia, bahkan dikatakan soju adalah minuman keras dengan penjualan paling banyak di seluruh dunia (untuk merk Jinro Soju - Chamisul).
Saat ini soju dijual di 80 negara dan popularitas soju ini didukung oleh popularitas Psy, sang Gangnam Style yang mengakui bahwa soju adalah teman baiknya. Papan iklan ini telah tersebar di seluruh Amerika (suatu hal yang mustahil kita temukan di Indonesia).

K-pop K-shot Iklan Soju
Sumber: 싸이, 소주 들고 美 진출 'LA 대형 옥외 광고판' 폭소

Sebenarnya aku bukan penggemar soju, dan tidak akan pernah. Dahulu sewaktu aku masih single dan belum mempunyai anak, aku terpaksa harus minum soju murni, atau campuran soju + beer karena ini adalah budaya di Korea (tidak bisa bilang tidak). Setiap kali sehabis pergi minum-minum, keesokan harinya badanku sungguh lemas dan kepalaku sakit. Sampai sekarang, aku sudah tidak minum soju lagi selama hampir 5 tahun. Tapi aku masih ingat rasa alkoholnya.

Lain dengan orang Korea. Semua orang Korea amat sangat menyukai soju. Mengapa? Karea soju harganya amat murah dibanding alkohol lain! dan soju enak diminum sambil makan apapun mulai dari daging, ikan goreng, ikan mentah, cemilan snack, dll

Mari kita cari tahu lebih dalam tentang soju
1. Kandungan alkohol soju adalah 16% - 45%/volume (paling umum 20%)
2. Harganya murah (sekitar 1.000 - 3.000 won, kira-kira Rp 11.500 - Rp 34.500)
3. Bila kamu minum bersama dengan rekan kerja, maka kamu tidak boleh menuang soju ke dalam gelas kamu sendiri
4. Kalau gelas kamu kosong, artinya kamu siap untuk shot berikutnya!!! (hati-hati)
5. Saat kamu menerima soju dari orang yang lebih tua dari kamu, kamu harus memegang gelas kamu dengan dua tangan.
6. Saat menuangkan soju, pegang botol dengan tangan kananmu dan sangga lengan kananmu dengan tangan kirimu
7. Ada 10 produsen utama soju di seluruh Korea dan beberapa produsen kecil. 
8. Soju + Beer = Somaek --> favorit orang Korea! satu gelas bir tambah satu shot soju
9. 1 botol soju = 7 1/2 shot! = 400 kalori =  Rp 11.500!!! 

Etiket minum soju dari nomer 3 sampai nomer 6 sudah aku praktekkan sendiri.
Jadi.... ingin coba soju? datang ke Korea dan cobalah sendiri 



CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top